Kekuatan Citizen Journalism

Jurnalisme Warga atau yang dikenal dengan Citizen Journalism adalah wadah bagi orang biasa untuk melakukan praktik jurnalistik. Istilah ini juga sudah digunakan oleh berbagai media mainstream di Indonesia salah satunya adalah Cyber Kompas dan Detikcom. awal momentum perkembangan pesat Citizen Journalism di Indonesia disebut-sebut adalah ketika tahun 2004, pada saat Aceh diguncang tsunami. Salah satu tulisan korban tsunami dapat mengalahkan tulisan-tulisan dari para profesional jurnalis.

Dengan adanya Citizen Journalism, orang biasa atau publik dapat menulis apa saja yang mereka pikirkan, alami atau yang mereka rasakan. Terkadang tidak setiap momentum dapat ditulis oleh seorang wartawan. Citizen Journalism ini juga dapat membantu wartawan, sebuah media dan masyarakat untuk mengetahui informasi yang tidak tersentuh kepada khalayak global.

Citizen Journalism membuat orang biasa atau publik yang selama ini menjadi obyek berita menjadi pembuat berita layaknya wartawan. Jurnalisme ini telaah memainkan peranan penting di dunia jurnalistik. Sejumlah peristiwa besar  seperti tragedi World Trade Center dan tsunami dapat terungkap secara detail dan mendalam hanya dari sebuah tulisan orang biasa. Betapa kekuatan Citizen Journalism sangat besar dalam mempengaruhi khalayak. 

Related Post



Posting Komentar