Manfaat Blog

Blog merupakan singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum (Asep Syamsul M.Romli : 84). Umumnya blog adalah jurnal pribadi. Dimana kita dapat menulis, mempublikasikan apa saja lewat blog pribadi kita. Umumnya orang-orang menjadikan blog sebagai catatan harian (diary). Tetapi tidak dapat dipungkiri blog bisa dijadikan media untuk berbisnis jual beli dan sebagainya.
Blog berkembang sejak akhir 1990-an. Blog lebih dulu ada ketimbang facebook atau twitter. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh www.Blogger.com milik PyraLab, sebelum PyraLab diakuisi oleh www.Google.com  pada akhir tahun 2002 (Asep Syamsul M. Romli : 86). Sejak saat itu terhitung mulai banyak bermunculan aplikasi open source yang diperuntukkan oleh blogger (sebutan orang yang menulis blog). Sebut saja www.wordpress.com, www.multiply.com, www.blog.com, dan yang sedang digandrungi oleh masyarakat adalah www.tumblr.com.
Ada beberapa manfaat blog, diantaranya :
•    Blog menjadi salah satu pertimbangan dalam mencari pekerjaan. Hal ini sudah berlaku di negara-negara maju. Termasuk VOA yang membuka lapangan pekerjaan bagi jurnalis melalui blog.
•    Menciptakan lingkungan menulis. Kita bisa saling bertukar informasi dengan menulis. Saling berbagi informasi dan menciptakan budaya menulis di blog, sehingga tercipta lingkungan menulis.
•    Menyalurkan bakat menulis. Setiap orang pasti menulis, entah menulis catatan harian, menulis pelajaran dan sebagainya. Kita tidak akan terlepas dari kegiatan menulis. Untuk itu blog dapat menjadi wadah bagi kita untuk mengembangkan bakat menulis.
•    Menjadi dikenal orang banyak. Dengan seringnya kita menulis di  blog, maka blog kita akan sering terakses oleh orang banyak. Hal ini membuat kita dikenal dan tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi terkenal.
•    Membantu orang lain. Semua materi apapun bisa kita dapatkan di dalam dunia maya. Karena orang-orang bebas menulis apapun di website atau blognya masing-masing tentang apa yang mereka sukai. Sehingga dengan apa yang kita tulis, sedikit banyak dapat membantu orang lain.
•    Mempunyai banyak relasi. Dengan memiliki blog dan banyak diakses orang lain, membuat kita semakin banyak relasi.
•    Menghasilkan uang lewat tulisan. Tulisan kita yang semakin banyak dan semakin luas dikenal orang, membuat kita dapat menghasilkan uang hanya dari tulisan-tulisan blog kita.

Sumber :
M. Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online (Panduan Praktis Mengelola Media Online). Cetakan Pertama. Bandung: Nuansa Cendekia.

Related Post



Posting Komentar