9 Keterampilan yang Harus Dimiliki Wartawan Online

1.    Menulis dan Mengedit Naskah (Writing and Editing Script)
Keterampilan paling dasar seorang wartawan adalah menulis naskah berita. Ini merupakan dasar setiap wartawan manapun, cetak juga elektronik serta online. Wartawan juga harus memiliki kemampuan mengedit naskah yang ia tulis (self editing) sebelum naskah itu sampai pada tangan redaktur.
 
2.    Manajemen Proyek (Project Management)
Wartawan online juga harus memiliki kemampuan dalam mengatur jadwal liputannya sendiri. Karena wartawan online memiliki deadline yang pendek, hitungan menit bahkan detik. Maka, setiap wartawan seyogyanya bisa memanajemen proyeknya masing-masing. Tentu dengan pengawasan redaktur lapangan.

3.    Blogging
Blog adalah harian pribadi seperti diary, berisi tentang peristiwa-peristiwa yang dialami, dirasakan, atau opini tentang sesuatu. Sebenarnya kegiatan blog masih menjadi perdebatan apakah kegiatan ini termasuk jurnalistik atau bukan. Namun, melihat kegiatannya yang merekam kegiatan sehari-hari, blog menurut Lasica bisa menjadi jurnalisme baru. Untuk itu, para wartawan online juga harus mempunyai blog untuk merekam peristiwa apa saja yang mereka alami.

4.    User Interfance Design/Photo Shooting
Penguasaan teknologi mampu mendesain dan memproduksi foto/syuting foto. Ini juga merupakan salah satu kemampuan seorang wartawan yang harus dimiliki karena dasar.

5.    Produksi Video (Video Production)
Selain kemampuan diatas, wartawan online juga harus mampu memproduksi video. Untuk merekam berbagai kejadian yang mereka liput. Karena wartawan online itu memanajemen proyeknya sendiri, jadi skill video dan kamera minimal mereka harus menguasai.

6.    Staff Organization/Administration
Membuat pelaporan liputan dan berita juga mengarsipkan seluruh tugas harus dimiliki wartawan online. Untuk memudahkan mencari, menyusun apa-apa saja yang telah dikerjakan si wartawan online.

7.    Story Combining/Shortening
Menurut Roy Peter Clark, tulisan online dapat diceritakan dengan 800 kata. Terkadang wartawan online membuat tulisan yang panjang layaknya media cetak. Hal ini tentu membuat jenuh pembaca. Untuk itu berita onlline haruslah singkat dan dibentuk beberapa angle berita.

8.    Reporting and Writing Original Stories
Melaporkan dan menulis cerita yang sebenarnya adalah wajib bagi setiap wartawan.  Karena ini sudah menyangkut kode etik jurnalistik. Tetapi kadang wartawan online lebih sering melakukan pelanggaran daripada wartawan cetak maupun elektronik karena kecepatan berita online.

9.    Photo/Image Editing
Selain  menulis berita, wartawan juga harus memiliki kemapuan dalam mengedit foto/gambar. Karena kembali lagi wartawan online memanajemen proyeknya sendiri. Jadi kemampuan basic seperti rekaman video, kamera dan edit gambar harus dimiliki wartawan online.
Sumber:
www.advancingthestory.com
M. Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia. Bandung

Related Post



Unknown mengatakan...

mantaf

Posting Komentar